Keunggulan Telegram yang Tidak Dimiliki WhatsApp

Keunggulan Telegram yang Tidak Dimiliki WhatsApp
Keunggulan Telegram yang Tidak Dimiliki WhatsApp, Pilih Mana?

Keunggulan telegram sudah banyak dibicarakan oleh berbagai media. Selain dari sisi keamanan, ternyata masih ada beberapa keunggulan telegram lainnya yang patut Anda pertimbangkan.

Aplikasi layanan pengiriman pesan instan ini mulai beroperasi sejak 14 Agustus 2013, menyusul WhatsApp yang dirilis pada 3 Mei 2009 dan telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia.

Meskipun saat ini WhatsApp masih lebih populer dibanding Telegram, namun dalam beberapa sisi Telegram memiliki keunggulan penting yang saat ini menuai banyak perhatian.

Keunggulan Telegram

Setiap aplikasi tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun untuk Telegram ternyata memiliki banyak keunggulan dibanding dengan aplikasi lainnya, seperti:

1.  Tingkat Keamanan
Keunggulan Telegram yang pertama adalah dari sisi keamanan. Fitur keamanan yang dimiliki telegram sudah banyak diperbincangkan dan disebut-sebut sebagai aplikasi chat paling aman.

Pavel Durov, Pendiri Telegram pada 21 Mei 2019 telah memperingatkan para pengguna WhatsApp untuk lebih berhati-hati.

Ia mengatakan, WhatsApp tidak akan pernah aman sampai kapan pun karena para pemerhati siber keamanan tidak bisa memantau sistem keamanan dari aplikasi tersebut.

“Tidak seperti telegram, WhatsApp bukan Open Source, sehingga tidak ada cara bagi peneliti keamanan untuk memantau apakah ada backdoors atau tidak dalam aplikasinya,” ungkap Druov.

Selain itu, dalam kurun waktu 2020 ini, terdapat satu Remote Eksploit WhatsApp yang disebutkan mampu mengelabui sistem keamanan melalui Gambar GIF untuk men-deskripsi pesan korban.

Namun, sampai saat ini belum ditemukan suatu sistem Remote Eksploit yang dibuat khusus untuk meretas telegram.

2.  Sistem Cloud Server untuk Penyimpanan
Sistem cloud server adalah salah satu keunggulan utama Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp, di mana data yang ada dalam pesan Telegram tidak akan membebani smartphone, melainkan tersimpan secara gratis di server cloud telegram.

Kemudian, dengan adanya sistem ini memungkinkan pengguna untuk login di telegram dan mengakses data yang tersimpan di mana pun dan melalui perangkat apapun tanpa takut kehilangan data.

Berbeda dengan sistem yang dimiliki WhatsApp, dimana setiap data yang lalu lalang disimpan dalam smartphone sehingga seringkali membebani memori.

3.  2 Opsi Fitur Pengiriman Dokumen
Dari sisi pengiriman dokumen, telegram memiliki keunggulan dengan disuguhkan dua opsi yang bisa digunakan dan ukuran maksimal dokumen yang bisa dikirimkan yang cukup besar.

Ketika pengguna ingin mengirimkan file, maka akan diberikan opsi untuk mengirimkan file asli atau file yang sudah dikompresi (diperkecil) dengan ukuran maksimal 1,5GB.

Fitur ini tidak ada di WhatsApp, karena WhatsApp secara otomatis melakukan kompresi terhadap pesan gambar, voice chat dan video  yang dikirim sehingga dapat mengurangi resolusi dan kualitas dokumen.

4.  Kapasitas Group yang Besar
Keunggulan telegram selanjutnya adalah kapasitas group yang sangat besar yaitu 5000 orang jika dibandingkan dengan WhatsApp yang hanya diperbolehkan memasukkan 256 orang.

Meskipun kapasitas standarnya adalah 200 orang, namun telegram menyediakan fitur yang diberi nama Super Group untuk membuat group dengan kapasitas maksimal.

5.  Secret Chat atau Chat Rahasia
Baru-baru ini, WhatsApp sedang mengembangkan sistem secret chat seperti yang sudah dimiliki telegram sejak awal.

Secret chat atau chat rahasia ini berfungsi untuk menghapus chat secara otomatis dalam jangka waktu yang sudah ditentukan pengguna untuk menjaga keamanan.

Namun secret chat ini baru tersedia di WhatsApp versi Beta, sedangkan Telegram sudah menggunakan sistem ini sejak awal.

6.  Mengijinkan Beberapa Nomor Terpasang
Telegram mengijinkan penggunanya menggunakan bebrapa nomor ponsel atau mengganti nomor ponsel sebelumnya.

Sistem ini mempermudah pengguna ketika ingin mengganti nomer ponsel tanpa takut kehilangan data apapun termasuk nomor kontak, karena semuanya tersimpan secara rapih di server.

7.  Chat Bot atau Chat Otomatis
Selanjutnya, telegram juga memiliki sistem chat bot atau chat otomatis, fitur ini bisa digunakan di Telegram tanpa memerlukan bantuan aplikasi tambahan.

WhatsApp juga memiliki sistem ini, namun hanya terdapat di WhatsApp versi bisnis, sehingga kita harus mendownload dua aplikasi untuk menggunakannya.

8.  Multi Profile
Sisem multi profile juga menjadi salah satu keunggulan telegram dan sangat cocok untuk orang yang sering berganti-ganti profil akun media sosialnya.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah beberap foto profil secara bersamaan dan pengguna lain bisa melihat foto profil tersebut dengan menggesernya.

Itulah keunggulan Telegram yang belum dimiliki oleh WhatsApp, dari keunggulan tersebut kita bisa memilih aplikasi mana yang akan digunakan dan sesuai dengan kebutuhan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Semoga bermanfaat

Sumber : https://www.harapanrakyat.com/2020/03/keunggulan-telegram-yang-tidak-dimiliki-whatsapp/ (March 19, 2020)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter