Siapakah yang Masuk Surga Pertama Kali Dari Umat Muhammad?

Siapakah yang Masuk Surga Pertama kali dari Umat Muhammad?
Jawaban atas pertanyaan ini, terungkap dalam sejumlah riwayat. Dalam beberapa sabdanya, Nabi Muhammad SAW menjelaskan tentang siapakah umat Muhammad yang pertama kali masuk surga.

Orang yang pertama kali masuk surga, dari umat Muhammad adalah Abu Bakar RA. Keistimewaan ini merupakan salah satu bukti tentang posisi dan kedudukan mertua Rasulullah SAW ini. Abu Bakar, adalah tokoh pria yang pertama kali mengakui risalah Islam.

Abu Dawud, dalam kitab Sunan-nya menukilkan riwayat dari Abu Hurairah RA. Rasulullah bersabda,” Jibril mendatangiku lalu menarik tanganku dan memperlihatkan kepadaku pintu surga yang akan dimasuki oleh umatku (Peristiwa ini menurut Muhammad Syams al-Haq dalam ’Aun al-Ma’bud li Syarh Sunan Abu Dawud, kemungkinan terjadi ketika Isra’ Mi’raj).

Abu Bakar kemudian berkata,”Aku ingin sekali bersama engkau (wahai Rasul) hingga aku bisa melihatmu.” Rasul menjawab,”Ingatlah sesungguhnya kamu wahai Abu Bakar, (adalah) sosok yang pertama kali masuk surga dari umatku.”

Imam al-Hakim dalam kitabnya al-Mustadrak menyebutkan status hadis ini shahih, berdasarkan kriteria dan syarat yang ditetapkan oleh Bukhari dan Muslim, meski kedua imam hadis itu tak mencantumkan hadis ini dalam mahakarya mereka.

Red: Nasih Nasrullah

Sumber : republika.co.id (10 Februari 2016)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter