5 Type Anak Terhadap Orangtua

5 Type Anak Terhadap Orangtua
🌻 5 Type Anak Terhadap Orangtua 🍁

✅Kita Type Yang Mana?

🔸1. Tidak mengerjakan apa yang diperintahkan orangtuanya. Ini type durhaka.

🔸2. Melakukan apa yang diperintahkan namun dengan berat hati dan enggan. Ini type yang tidak diganjar pahala dan kebaikan.

🔸3. Melakukan apa yang diperintahkan namun diiringi dengan menyebut-nyebut, menyakiti perasaan.dan menggerutu serta meninggikan suara. Type semacam inilah yang mendapat dosa (dibawah nomer 1 seharusnya).

🔸4. Melakukan apa yang diperintahkan orangtuanya dengan senang hati. Type ini diganjar dengan pahala dan kebaikan. Type semacam ini sedikit sekali jumlahnya.

🔸5. Melakukan apa yang diinginkan orang tuanya sebelum diperintahkan. Inilah type sempurna birrulwalidain yang mendapat taufik. Type ini jarang ditemui. Apalagi dizaman seperti saat ini.

Tentang dua tipe terakhir , jangan ditanya soal keberkahan umur mereka, keluasan rezeki, ketenangan dan kelapangan hati, serta kemudahan urusan mereka.

"Dan demikianlah karunia Allah, Dia memberikannya kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya; dan Allah mempunyai karunia yang besar.”

💢Catatan:

📌Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah. Sekiranya engkau mau, maka sia-siakanlah pintu itu atau jagalah!!” (HR. Ahmad)

📌Qadhi Iyadh menjelaskan, “Maksud pintu surga yang paling tengah adalah pintu yang paling baik dan paling tinggi. Dengan kata lain mentaati dan menjaga orang tua adalah sebaik-baik sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga dan meraih derajat yang paling tinggi di dalamnya.”

✏Penulis: Ustadz Aan Chandra Thalib

Sumber : Facebook Andri Fitriady

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter