Rahasia Baterai Ponsel Lebih Awet

Jakarta - Salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna smartphone adalah keawetan baterai. Pengguna smartphone pada umumnya menginginkan ketahanan baterai yang lebih mumpuni. 

Apa rahasianya agar baterai smartphone lebih tahan lama? Seorang pakar teknologi di Inggris bernama Eric Limer menyatakan salah satunya adalah jangan mengisi ulang baterai sampai kapasitas penuh 100%.

Level charging optimal untuk menjaga keawetan baterai menurut Eric adalah pada kisaran 40% sampai 80%. Overcharging atau baterai terlalu rendah kapasitasnya berpotensi merusak baterai. dddddddddd Dikutip detikINET dari DailyMail, Rabu (3/7/2013), Eric menambahkan jangan sampai ponsel tetap terkoneksi dengan charger jika baterai sudah dalam kapasitas penuh atau hampir penuh.

Di sisi lain menurut Eric, keharusan mengisi ulang baterai ponsel baru selama puluhan jam sebelum digunakan adalah mitos. Perlakuan itu mungkin berguna bagi baterai nickel, namun tidak untuk baterai lithium ion yang saat ini banyak digunakan.

Ia menambahkan tips lain yang sudah umum. Seperti menurunkan level brigtness pada layar ponsel, mematikan fungsi dan aplikasi yang sedang tidak digunakan seperti GPS, Bluetooth atau Wi Fi.

Kemudian di area yang sinyalnya buruk, lebih baik alihkan ponsel ke airplane mode. Ini untuk mencegah ponsel terus menerus mencari sinyal yang menyebabkan baterai boros dan lebih cepat rusak.(fyk/ash)

Fino Yurio Kristo

Sumber : inet.detik (03/07/2013 10:23 WIB)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter