Mozilla Firefox Depak Internet Explorer di Eropa

Mozilla Firefox Depak Internet Explorer di Eropa - Tekno BorneoPamor browser andalan Microsoft mulai meredup secara bertahap. Sebuah perusahaan riset menemukan jika di Eropa kebanyakan pengguna internet mulai mengandalkan Firefox besutan Mozilla ketimbang Internet Explorer (IE) Microsoft.

Menurut data StatCounter, seperti dikutip melalui Telegraph, Rabu (5/1/2011), pangsa pasar Firefox di Eropa menjadi sekira 38,1 persen. Angka ini melebihi pangsa pasar yang diraih Microsoft IE sekira 37,5 persen. Ini merupakan pertama kalinya IE 'jatuh' dari posisi puncak.

"Pangsa pasar IE mulai jatuh untuk pertama kalinya pada Desember ini. Sedangkan Firefox dan Chrome mulai beranjak. Chrome sendiri memperlihatkan peningkatan pangsa pasar dari 5,1 persen sebelumnya menjadi 14,6 persen sekarang," ujar CEO perusahaan spesialis analisa web Stat Counter, Aodhan Cullen.

Menurut Cullen, kejatuhan kerajaan IE secara perlahan ini merupakan imbas dari munculnya browser besutan Google, Chrome. Browser tersebut bisa dibilang telah menggerogoti pangsa pasar IE. Sedangkan Firefox secara mulus mulai meraih eksistensi.

"Hal ini bisa jadi juga akibat dari kesepakatan yang telah dilancarkan komisi Eropa terhadap Microsoft. Kala itu regulator Uni Eropa meminta kepada Microsoft untuk membolehkan pengguna komputer di Eropa untuk menghadirkan beragam browser, tidak hanya dimonopoli oleh Microsoft," ujar Cullen.

Sejak awal 2010 lalu, Microsoft telah menawarkan kepada jutaan pengguna komputer di Eropa untuk bisa menggunakan 12 browser internet berbeda di software WIndows, tidak melulu IE. (srn)

Sumber : techno.okezone.com (5 Januari 2011)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter