Budaya Kutai Timur Wakili Indonesia ke Australia

Budaya Kutai Timur Wakili Indonesia ke AustraliaSangata - Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur di Provinsi Kalimantan Timur dipercaya mewakili Indonesia untuk tampil pada Pentas Kebudayaan Dunia" di Canberra, Australia, September 2010.

"Kesenian dan budaya tradisional milik Kutim bakal ditampilkan dalam pentas dunia di Australia, khususnya kawasan Pasifik Selatan melalui misi kebudayaan," kata Wakil bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, Rabu.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Canberra memberikan kepercayaan kepada Kutai Timur, sehingga sangat tepat untuk memperkenalkan khasanah kebudayaan lebih luas kepada dunia internasional

"Hal itu dikatakan Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman di ruang kerjanya setelah menerima kunjungan resmi Ny Susi Yulianto (istri Kedubes RI Australia). Mudah-mudahan misi itu berjalan dengan baik dan Kutim lebih dikenal," katanya.

Menurut dia, diplomasi yang dibangun Indonesia dengan negara-negara di dunia mencakup tiga hal, yakni, melalui hubungan birokrasi, diplomasi pertahanan dan keamanan serta hubungan kebudayaan.

"Melalui diplomasi kebudayaan akan sangat tepat bila Kutai Timur menampilkan seni budaya mewakili Kaltim atau Indonesia di Canberra nanti. Potensi yang dimiliki Kutim besar untuk diperkenalkan kepada dunia luar," katanya.

Apalagi, dunia internasional menirukan ucapan Ny Susi Yulianto, masih banyak yang belum mengetahui keberadaan Kutai Timur dan Kalimantan Timur ataupun pulau Kalimantan.

"Yang dikenal dan ketahui bangsa luar adalah pulau Borneo. Nah, melalui misi kebudayaan akan membuat tim mulai lebih dikenal di mancanegara," katanya

Pemerintah Daerah menyambut baik misi kebudayaan yang dilakukan kedutaan Indonesia untuk Australia, apalagi dipilihnya Kutim untuk mewakili negara Indonesia pada pentas seni budaya di negeri Kanguru. (ADI/K004)

Sumber : AntaraNews (10 Juni 2010) Borneo

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter