Sejuta Jangan di Facebook Anda!

Sejuta Jangan di Facebook Anda!Agar anda terlindung dalam banyak hal, ingat Sejuta Jangan di Facebook Anda!

1. Jangan ungkap tanggal kelahiran, nama ibu kandung, karena biasanya orang menggunakan informasi itu untuk keperluan data keuangan di bidang finansial.

2. Jangan sebarkan nomor HP pribadi, nomor PIN BB, alamat email, dan alamat rumah. Mereka yang berniat jahat kerap memakai sarana ini sebagai alat penipuan. Usahakan agar data pribadi itu hanya terlihat oleh orang yang memang dikenal dengan baik.

3. Jangan terlalu jujur dan “menelanjangi” diri di internet. Beri informasi pribadi seperlunya saja, selebihnya info umum yang tidak terlalu spesifik sehingga tak bisa disalahgunakan orang lain.

4. Jangan memilih teman sembarangan hanya dengan tujuan ingin pamer memiliki ribuan teman. Pilih yang benar-benar dekat, dikenal baik.

5. Jangan mengunduh foto yang tidak perlu, tidak senonoh. Hindari foto atau video yang bisa membuat orang lain merasa dipermalukan. Begitu pula dengan foto-foto pribadi yang kurang pas, bisa disalahgunakan orang yang berniat jahat atau yang tak suka dengan kita. Ia bisa dengan mudah menyebarkanluaskan untuk alasan kebencian.

6. Jangan pula sembarangan melakukan, tagging, foto atau video ke teman yang tak ada kaitannya dengan foto itu.

7. Jangan berkomentar sembarangan. Sudah ada sederet kasus yang berakhir di meja hijau gara-gara komentar tak sedap, menyakitkan, menghina, bahkan membahayakan keselamatan diri sendiri. Tidak saja komentar yang berhubungan dengan orang lain, tapi juga dengan kantor atau instansi tempat kita bekerja. Seorang karyawan pernah dipecat gara-gara memberi komentar bernada fitnah kepada atasannya.

8. Jangan dengan sengaja menarik perhatian semisal menggunakan username
* yang membuat orang penasaran semisal
* sexy girl, macho man, lonely girl
* , dan sebagainya.

9. Jangan pernah mau membayar apa pun atau memberi
* password
* kepada orang lain di internet, kendati dia adalah teman dekat yang memintanya tanpa konfirmasi langsung di dunia nyata.

10. Jangan kelewat kecanduan ber-Facebook. Gunakan secara wajar dan batasi waktu.

11. Jangan pernah lupa, kita hidup di dunia nyata. Jadi, lebih bermanfaat jika bersoasialisasi secara langsung, tatap muka. Komentar, artikel, atau foto apa pun yang diunduh di jejaring sosial, memperlihatkan bagaimana reputasi kita sesungguhnya. Apa yang di-
* posting
* adalah gambaran diri dan orang lain bisa mendapatkannya dengan berbagai cara. (nova)

Sumber : TribunKaltm (19 April 2010) Borneo

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter