Mahasiswa Eropa Kagumi Kualitas Film Indonesia

Mahasiswa Eropa Kagumi Kualitas Film IndonesiaLONDON - Mahasiswa Ceko, Inggris, Portugis, Jerman, Slovakia dan Yunani yang tengah belajar di Metropolitan University Prague (MUP) dan Charles University menikmati film "Dunia Mereka" di Bioskop Mini, KBRI Praha.

Pemutaran film adalah kegiatan rutin bulanan KBRI Praha untuk memperkenalkan Indonesia, selain mempererat hubungan antarmasyarakat kedua bangsa, kata Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha Ceko, Azis Nurwahyudi kepada ANTARA, Sabtu.

"Dunia Mereka" besutan sutradara Lasja Susatyo dengan bintang utama Adinia Rasti dan Christian Sugiono mengisahkan problematika kehidupan remaja Indonesia dalam meraih cita-cita sebagai pemain band.

Tema dan kisah itu memberi perspektif lain mengenai Indonesia kepada warga asing.

Mahasiswa Hubungan Internasional dari Universitas Charles, Jan Teply, baru tahu bahwa ternyata kehidupan anak muda Indonesia tidak berbeda dari anak muda di belahan dunia lainnya.

Sedangkan George Agathos dari Yunani, mahasiswa Studi Eropa di MUP, menilai film Indonesia tidak kalah bermutunya dari film Eropa atau Amerika yang selama ini ditontonnya.

Sementara itu Jaro Baran, mahasiswa asal Slovakia yang tengah belajar Studi Indonesia di MUP mengatakan, setelah melihat film itu, dia makin bersemangat untuk tahu lebih banyak tentang Indonesia.

KBRI Praha setiap tahun menyelenggarakan Festival Film Indonesia, dan pada Juni 2010 ini akan menyelenggarakan acara itu untuk keempat kalinya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dan sambutan baik dari pemerintah Ceko, sekolah perfilman Ceko, dan masyarakat negeri itu, termasuk tokoh perfilman Ceko seperti Jiri Menzel dan Vera Chytilova.

Di samping memutar "Dunia Mereka," KBRI Praha juga mengelar diplomasi kuliner dengan menyuguhkan makanan khas Indonesia seperti Lontong Sayur dan aneka lauk tradisional, demikian Azis Nurwahyudi. (antara)

Sumber : TribunKaltim (27 Februari 2010) Borneo

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter