Yuk Wisata Budaya ke TMII

Yuk Wisata Budaya ke TMIITujuan wisata di kawasan timur Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menggelar berbagai pergelaran budaya di akhir pekan ini, 18-20 Desember 2009. Tiap-tiap Anjungan Daerah di TMII akan menggelar sejumlah pertunjukan dan festival yang menarik bagi para wisatawan.

Humas TMII Jerry Lahama mengatakan, berbagai wisata budaya ini merupakan salah satu kekhasan dan unggulan TMII sebagai ajang pendidikan dan hiburan budaya bagi masyarakat. Berbagai pertunjukan budaya pada akhir pekan ini merupakan rangkaian yang dimulai dengan Kirab Budaya pada perayaan Malam Satu Suro Kamis kemarin.

"Dimulai sejak kemarin, hingga Minggu besok akan terus berlangsung berbagai acara yang menampilkan kekhasan budaya dari masing-masing anjungan," kata Jerry Lahama, Jumat (18/12/2009). Salah satu yang menarik, kata Jerry, di anjungan Aceh akan digelar festival tari Saman yang diikuti oleh 25 kelompok tari dari berbagai SMA.

Kompetisi ini merupakan acara rutin yang banyak diikuti oleh pelajar SMA dari berbagai daerah. Seadngkan di anjungan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta akan digelar berbagai pertunjukan dari duta seni masing-masing daerah.

"Mulai dari tari-tarian, musik, sampai pameran benda pusaka dan budaya. Khusus di anjungan Yogyakarta akan ada ruwatan dan wayang semalam suntuk oleh Ki Timbul," tutur Jerry.

"Sementara di Anjungan Kalimantan Timur akan ada pertunjukan duta seni dari Tarakan, dan di Anjungan Kalimantan Barat ada atraksi budaya duta seni Singkawang," sambungnya

Jerry memprediksikan akhir pekan ini akan terjadi lonjakan pengunjung di TMII. Terutama, ujarnya, berbagai pagelaran budaya tersebut akan membawa pengunjung dari daerahnya masing-masing untuk datang ke TMII.

"Perkiraannya untuk Sabtu dan Minggu masing-masing bisa sampai 35.000 pengunjung," tandasnya.

Sumber : KOMPAS (19 Desember 2009)

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter